Roland RP-102 , Recomended Entry Level Digital Piano

Roland RP-102

Roland RP-102 adalah seri entry level digital piano full cabinet dari roland, dilengkapi dengan lid penutup tuts dan 3 pedal. Sebagaimana umumnya dalam memilih digital piano, dua hal utama yang harus diperhatikan adalah feel dan sound.

Feel

RP-102 dilengkapi dengan 88-key Fully weighted keyboard seperti halnya piano akustik dimana tuts lebih berat disebelah kiri dan makin ke kanan akan semakin ringan, Namun selain itu RP-102 juga dilengkapi dengan tekstur ivory pada permukaan tutsnya sehingga terasa feel touch yang lebih premium dibandingkan permukaan tuts plastik licin seperti pada umumnya digital piano entry level lainnya. 

Rp-102 dilengkapi dengan 5 tipe touch sensitivity, dimana pengguna dapat mengatur response suara yang dihasilkan, dengan touch sensitivity di set semakin light maka cukup menekan tuts dengan tidak terlalu keras maka sudah bisa menghasilkan nada forte, adapun jika di set semakin hard, maka akan lebih mudah memainkan nada nada ppp, dan akan lebih mudah untuk permainan cepat dengan kekerasan nada yang lebih konsisten.

PHA4 Standard

PHA4 Standard

 

RP-102 menggunakan mekansime graded hammer action dengan tipe PHA-4 Standard with Escapement. Feel touch key yg dirasakan terbilang sangat baik dikelasnya, dan sudah memiliki 3 sensor. Berbeda dengan tuts yang hanya memiliki 2 sensor, dimana tuts harus diangkat agak tinggi baru dapat berbunyi jika di tekan kembali. tuts dengan 3 sensor dapat menghasilkan bunyi dengan tuts cukup diangkat sedikit dan kemudian ditekan kembali. Hal ini akan memudahkan untuk permainan permainan lagu dengan repetisi tuts yang sama secara cepat. Feel escapement yang sudah ditanamkan pada keynya memberikan sensasi klik pada ujung penekanan tuts jika tuts di tekan secara pelan seperti halnya pada grand piano akustik sehingga feel tutsnya terasa makin mendekati feel pada piano akustik.

Sound

RP-102 menggunakan teknologi sound modeling yang mereka beri nama SuperNATURAL. Engine superNATURAL ini memberikan tambahan nuansa perubahan tone pada sustained note sehingga terdengar lebih natural, Dinamika perubahan tone pada permainan tuts keras dan pelan juga terdengar lebih natural. Fitur string resonance, damper resonance, dan key off simulation juga terintegrasi pada engine superNATURAL pada RP-102.

superNATURAL Engine

superNATURAL Engine

 

Total terdapat 15 suara instrumen pada RP-102 dimana 4 diantaranya adalah suara piano (Concert, Ballad, Mellow, Bright), dimana setiap suara pianonya bisa diatur tingkat briliancenya, ada 21 step (-10 sd +10) dimana semakin kecil nilainya maka suara piano yg terdengar akan semakin mellow (cocok utk classical), dan semakin besar nilainya maka suara piano yg terdengan akan semakin bright (cocok untuk pop).  11 suara non piano lainnya adalah Tremolo EP, Pop EP, Harpsichord, Celesta, Vibrapone, Pipe Organz, Combo Jazz organ, Symphonic Strings, Epic Strings, Soft Pad, Jazz Scat.

RP-102 menggunakan 2 speaker 12 cm dengan masing masing power 6 Watt (total 12 watt output power). Tidak ada yg spesial pada speaker internal RP-102 , kekerasan suaranya mencukupi untuk ruangan kecil/sedang.  Digital piano entry level dari brand lain dengan range harga yang sejenis juga menawarkan output power internal speaker yg kurang lebih sama. Untuk keperluan di ruang yang lebih luas, atau untuk menghasilkan suara yang lebih rich dan full,  bisa menggunakan tambahan external speaker melalui port headphones.

Fitur lain lain

Apps Roland Piano Partner 2

Apps Roland Piano Partner 2

Roland menyediakan apps Piano Partner 2 yang tersedia untuk iOS dan Android devices yang dapat digunakan untuk pengaturan piano dengan lebih user friendly, Apps Piano Partner2 juga dapat digunakan sebagai Midi Recorder dan terdapat lebih dari 200 preset song yang dapat digunakan untuk latihan. Hanya saja sayangnya RP-102 untuk versi region indonesia tidak disertakan bluetooth connectivity, sehingga untuk terhubung ke perangkat ipad/iphone atau android dibutuhkan kabel data.

RP-102 mendukung mode layer, dimana dua sound dapat di gabung (misal piano + string), dan juga mendukung mode Twin piano dimana 88key nya di split menjadi 2 bagian masing masing 44key kiri, dan 44 key kanan dengan range nada yg identik, sehingga dapat digunakan untuk dua pemain bermain secara bersamaan (misal untuk guru mengajari murid secara langsung)

Pada RP102 terdapat 2 port headphones, satu berukuran besar 1/4 inch, dan satu berukuran kecil 1/8 inch, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan headphones. Baik headphones dengan jack ukuran kecil ataupun jack ukuran besar dapat langsung digunakan tanpa menggunakan converter jack. Terdapat juga port USB to host untuk konektivitas ke komputer, dibutuhkan jika akan menggunakan software software di komputer.

Spesifikasi

  • 88-key fully-weighted keyboard with Ivory simulation
  • PHA-4 Standard key action with Escapement
  • Touch Sensitivity: adjustable 5 types, Off
  • Sound: SuperNATURAL Piano Sound
  • 128-note polyphony
  • 15 instrument sounds (4 pianos)
  • 213 built-in songs (Piano Masterpieces: 40, Czerny: 100, Hanon: 20, Scale: 36)
  • Ambience (10 levels), Brilliance (21 levels)
  • Piano sound elements: Damper Resonance, String Resonance, Key Off Resonance
  • Modes: Dual, Twin Piano
  • Metronome, Transpose, Master tuning
  • Speakers: 2 x 6 W (2 x 12 cm)
  • Connectors: USB to Host, USB Update, Headphone jacks (2)
  • 137 x 41.3 x 97.7 cm
  • 37.8 kg

Kesimpulan

Roland RP-102 adalah seri entry level digital piano full cabinet dari roland . Namun walaupun masuk ke segmen entry level, roland menyematkan fitur fitur yang tidak didapat di produk digital piano entry level lain dikelasnya. JIka anda mencari digital piano entry level dengan cabinet tertutup, maka menurut saya RP-102 sangat recomended untuk anda pertimbangkan.

Roland RP-102

7

Sound Quality

6.0/10

Feel/Playability

6.0/10

Features

7.0/10

Price vs Value

9.0/10

Pros

  • PHA4-Standard Key with Ivory Feel, Escapement
  • SuperNATURAL Sound Engine
  • Grand piano tones dengan damper resonance, string resonance, key off resonance

Cons

  • Internal amplifier kecil, output sound tidak optimal
  • Belum termasuk kursi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *