Roland TD1-K dan TD1-KV Entry Level Drum Kit Elektrik dari Roland dengan harga terjangkau

Roland dikenal dengan produk produk drumkit elektrik High End nya, seperti TD-25KV, TD-50KV dengan teknologi yang jauh diatas brand brand lainnya. Beberapa tahun kebelakang, roland mengusung produk produk entry levelnya dengan harga yang relatif lebih tinggi dibanding brand lainnya sehingga kurang banyak diminati. Namun belakangan ini saya melihat adanya perubahan yang cukup signifikan, dimana untuk segmen produk entry level dan mid level roland sudah mulai mencoba membuat harga produknya kompetitif dibanding brand brand lainnya. Untuk itu saya mencoba membuat ulasan mengenai Entry level drum kit elektrik roland TD1-K dan TD1-KV dan perbandingannya dengan entry level drum kit elektrik Yamaha DTX402K dan DTX452K .

Snare 10 inch dual zone PDX-8 pada TD-1KV

Perbedaan TD1-K dan TD1-KV

TD1-K dan TD1-KV sama sama memiliki konfigurasi  1 hihat cymbal, 1 ride dual zone choke able , 1 crash dual zone chokeable, 3 tom rubber pad, 1 hihat pedal elektrik, 1 kick bass elektrik. Pembedanya hanya pada snarenya dimana Snare TD1-k masih sama seperti tom tom nya, berupa pad karet single zone, sedangkan pada TD-1KV sudah menggunakan snare mesh pad 10 inch dual zone pdx-8.

 

 

 

Features

Rubber Pad TD1, lebih empuk dan terasa bouncenya dibanding rubber pad drum elektrik brand lain

TD1-K dan TD1-KV menggunakan tom berbahan karet cukup tebal, dengan kelenturan yg lumayan baik, berbeda dengan pad karet pada drum drum entry level  DTX atau behringer dimana feelnya pukulannya terasa keras dan bouncenya sangat sedikit. TD1-K dan TD1-KV terasa jauh lebih empuk dan bouncenya terasa.  Untuk Snarenya pada TD1-K masih menggunakan pad karet single zone yang sama seperti tomnya, sedangkan pada TD1-KV sudah menggunakan snare meshpad dual zone, selain feel snarenya lebih enak, sudah mendukung utk permainan rim shot. Untuk hihat , crash dan ride sudah menggunakan cymbal 2 zone (bow dan edge).  Hihat control pedal pada TD1-K dan TD1-KV selain mengcontrol posisi open dan closed hihat, juga sudah support half open.

Kick bass Electric TD1

Sedangkan unit kick bassnya menggunakan unit kick elektrik , bukan berupa kickpad + pedal akustik, sehingga feel kick yg didapatkan lumayan jauh berbeda dibanding feel pada drum akustik. Namun mengingat ini adalah seri entry level, bisa dibilang wajar, karena produk drum elektrik entry level seperti yamaha DTX402 juga menggunakan unit kick yang sejenis.

Terdapat 15 Drum Preset Kit dan 15 song pada roland TD1-K dan TD1-KV.

Perbandingan TD1-K / TD1-KV dengan DTX402 / 452k

Roland
TD1-K
Yamaha
DTX-402K
Roland
TD1-KV
Yamaha
DTX-452K
Roland
TD1-K
Yamaha
DTX-402K
Roland
TD1-KV
Yamaha
DTX-452K
Snare1 Zone Soft Rubber Pad1 zone Hard Rubber Pad2 Zone Mesh Pad3 zone Hard Rubber Pad
Tom1 Zone Soft Rubber Pad1 Zone Hard Rubber Pad1 Zone Soft Rubber Pad1 Zone Hard Rubber Pad
Hihat Cymbal2 zone1 zone2 zone1 zone
Ride Cymbal2 zone chokeable1 zone2 zone chokeable1 zone
Crash Cymbal2 zone chokeable1 zone chokeable2 zone chokeable1 zone chokeable
Hihat PedalOpen - Half Open - Closed PositionOpen - Closed PositionOpen - Half Open - Closed PositionOpen - Closed Position
Bass PedalElectric PedalElectric PedalElectric PedalElectric Pedal
Optional Expansion1 cymbal1 cymbal or pad1 cymbal1 cymbal or pad
Drum Preset Kit15 fixed10 editable15 fixed10 editable
Built in song15 song10 song15 song10 song

* Ukuran pad karet TD1 kurang lebih sama dengan pad karet DTX402/452k (7.5 inch)
* Ukuran Snare TD1-KV 10 inch rim luar, area mesh pad kurang lebih 8 inch. Ukuran Snare DTX452K 7.5 inch.
* Ukuran cymbal TD1 kurang lebih sama dengan ukuran cymbal DTX402/452K (10 inch)

Kesimpulan

Bisa dilihat dalam tabel perbandingan diatas bahwa baik Roland TD1 ataupun DTX 4 series  memiliki keunggulan masing masing, Keunggulan roland, cymbal sudah 2 zone, tom lebih empuk, snare lebih bagus, hihat pedal sudah support half open position. Sedangkan keunggulan DTX 4 series pada modulenya dimana sound bisa di customisasi per pad/cymbalnya nya,  expansion portnya juga lebih fleksibel untuk di isi cymbal ataupun pad.

Roland TD1-K dan TD1-KV memiliki banyak keunggulan dibanding pesaingnya DTX402/452k , dengan kisaran harga yang kurang lebih setara, membuat produk ini menurut kami adalah best choiche untuk drum set entry level untuk yang tidak membutuhkan customisasi.

Sedangkan yang suka untuk memodifikasi settingan settingan/menambah cymbal/pad lebih baik untuk melirik DTX402/452K. Secara teori TD1-K / TD1-KV dapat di tambahkan extra cymbal, namun prakteknya cukup sulit untuk dilakukan mengingat cymbal extranya tidak tersedia di pasaran , terutama untuk lokasi di indonesia. Sedangkan DTX402/452k part part modifikasi /cymbal tambahannya lebih mudah untuk didapatkan. Di dalam module terdapat 287 koleksi suara dimana setiap suara tsb bisa di alokasikan ke setiap pad/cymbal yang ada pada 10 preset kit yang ada. sedangkan pada roland TD1-KV tidak tersedia opsi untuk mengatur suara per pad/cymbal dari 15 preset kit yang ada pada modulenya.

Sebagai catatan tambahan, DTX452k memiliki keunggulan dibanding  TD1-K/TD1-KV/DTX402K dimana kick bassnya sudah memakai pedal akustik + kickpad elektrik, sehingga feel kick yang didapat jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *