Artesia PA88H+ Portable digital piano entry level dengan fitur melimpah

Artesia PA88H+

Saat artikel ini dibuat, mungkin belum banyak orang yang mengenal produk ini. karena produk ini baru beredar di indonesia di pertengahan tahun 2021. Artesia Pro adalah US Based company yang memproduksi instrumen musik digital piano, synthesizer, elektrik drum dan pro audio.

Artesia PA88H+ adalah instrumen digital piano dengan tuts hammer action weighted (feel berat tuts seperti tuts piano akustik), dengan 16 voices, dan tanpa fitur rhythm/styles.

Dari harganya yang di rentang harga 5 juta an, produk ini menyasar segmen digital piano entry level, dalam artikel ini kami juga akan menyajikan perbandingan dengan produk produk di range harga yang setara seperti Yamaha P45, Casio CDP S100 dan Roland FP-10.

Touch & Sound

Artesia PA88H+ dilengkapi dengan 88 fully weighted / hammer action full size keys feel berat hammer action menyerupai piano akustik. Tuts plastik licin tanpa tekstur dengan 2 sensor dan tanpa escapement feel. Untuk spek tutsnya kurang lebih setara dengan digital piano entry level sekelas lainnya seperti Yamaha P45 atau CDP S100.

Terdapat 16 sound pada PA88H+ dimana 2 suara grand piano, 2 EPiano, 2 Organ, 2 Gitar, Strings, Choir, E.Bass, Clav, Harpsichord, Vibes, Harp, Fantasia. Karakter suara piano utamanya bisa dibilang sedikit mellow, cocok untuk permainan lagu lagu klasik, dengan dinamika yang cukup baik dimana terasa perubahan warna suara pianonya antara permainan pelan, sedang dan keras. Untuk karakter suara piano keduanya lebih bright, lebih cocok untuk permainan lagu lagu pop. Terdapat tombol untuk masing masing soundnya sehingga memudahkan proses dalam memilih sound, Berbeda halnya dengan digital piano entry level lainnya seperti P45/CDPS100/FP10 dimana pemilihan sound harus menggunakan kombinasi tombol Function + tuts yang agak merepotkan.

Terdapat juga tombol khusus untuk meng on/off kan efek Reverb dan Chorus. PA88H+ juga menyertakan fitur 2 band Equalizer (Bass/Treble adjustable) dimana fitur ini tidak ditemukan di digital piano entry level lainnya. pa88h+ top panel

PA88H+ ditenagai dengan 20 watt internal amplifier yang terbilang cukup besar untuk portable digital piano, rata rata umumnya portable digital piano memiliki internal amplifier kisaran 12 watt.

Untuk pemain pemula dimana sering menggunakan transpose, Pada Artesia PA88H+ juga sudah terdapat fitur transpose, dengan cara menekan Function + Tuts tertentu. Hanya saja pada saat artikel ini di buat kami tidak menemukan petunjuk untuk mengaktifkan transpose ini pada owner manual onlinenya. Petunjuk cara mengaktifkan transpose ada di buku petunjuk fisik yang disediakan didalam kemasan unit pianonya. Untuk itu, Jika anda berencana membeli produk ini, pastikan untuk menyimpan baik baik buku petunjuknya, selain fitur transpose ada juga beberapa fitur lain yang dijelaskan di buku petunjuk fisiknya namun informasi tersebut tidak ada di owner manual downloadable online nya

ConnectivityArtesia pa88h+ Backpanel

  1. USB Connectivity
    Sama seperti digital piano entry level lainnya, PA88H+ support USB MIDI connectivity dapat dihubungkan ke Laptop/Komputer sebagai Midi Controller, baik untuk ke aplikasi DAW, learning apps, Vst ataupun aplikasi aplikasi lainnya yang menggunakan jalur MIDI Connectivity. Namun selain sebagai USB MIDI, port usb pada PA88H+ juga berfungsi sebagai USB-AUDIO, dimana fitur ini tidak ditemukan pada digital piano entry level lainnya. Dengan fitur usb-audio, artinya anda dapat merekam sound/audio dari permainan anda di piano tersebut ke komputer secara langsung secara digital melalui kabel usb, tanpa melalui device tambahan (audio interface/sound card terpisah).
  2. 3 Pedal Option
    Dalam paket PA88H+ sudah terdapat single sustain pedal. Namun selain sustain pedal saja, jika suatu saat anda membutuhkan 3 pedal (Sustain-Sostenuto-soft) untuk permainan piano anda, pada PA88H+ terdapat opsi untuk menambahkan device 3 pedal pada pianonya. Hal ini juga bisa dibilang poin plus tersendiri pada PA88H+ dimana pada entry level digital piano lainnya seperti P45/CDPS100/FP10 tidak memungkinkan untuk menambahkan unit 3 pedal pada pianonya
  3. Stereo Line Out
    PA88H+ sudah memiliki line out stereo terpisah diluar port phones. Sehingga pada saat menghubungkan piano ke external amplifier atau ke mixer , anda tetap dapat menggunakan headphones. Pada digital piano entry level lainnya umumnya belum terdapat line out, sehingga untuk menghubungkan piano ke external amplifier/mixer melalui jalur headphones.
  4. Battery
    Selain menggunakan ac adapter yang disertakan , anda juga dapat menggunakan baterai.

Perbandingan dengan portable digital piano entry level lainnya

 Artesia PA88H+Yamaha P45Roland FP10Casio CDP S100
Voices16101510
Keys88 keys, Hammer action, 2 sensor88 keys, Hammer Action, 2 sensor88 Keys, Hammer Action, 3 sensor, escapement feel, Ivory textured surface88 keys, Hammer Action, 2 sensor
Max Polyphony64649664
Equalizer2 band EQNoNoNo
3 Pedal SupportYes (Optional)NoNoNo
USB AudioYesNoNoNo
Aux InYesNoNoYes
BluetoothNoNoYesNo
LineOut L/RYesNoNoNo
Internal Amplifier20 watt12 watt12 watt16 watt
Power SupplyAC Adapter or BatteryAC AdapterAC AdapterAC Adapter or Battery
Included AppsNoNoRoland Piano PartnerCasio Chordana Piano

Kesimpulan

Pro:
Artesia PA88H+ memiliki cukup banyak poin plus dibanding produk lain dirange harga yang setara. yang bisa kami rangkum sebagai berikut

  • 2 band EQ
  • 20 watt internal amplifier
  • USB Audio
  • support 3 pedal (optional)
  • Dedicated Stereo Line Out
  • Support penggunaan baterai
  • Dedicated button for sound, reverb, chorus

Nilai plus diatas umumnya tidak terdapat di digital piano entry level lainnya sehingga menurut kami produk ini wajib anda masukan sebagai salah satu pertimbangan dalam anda menentukan digital piano entry level yang akan anda beli.

Cons:

  • Body piano terbilang paling besar dibanding P45/FP10/CDP S100
  • Tidak ada label untuk function di masing masing tuts. sehingga untuk mengaktifkan function tertentu (kombinasi tombol function + key) harus mengacu ke buku petunjuk.

  • Adapun produk lainnya yang juga bisa anda pertimbangkan

    • Roland FP 10
      pro: tuts 3 sensor, ber tesktur ivory dan feel escapement. bluetooth connectivity, roland piano partner apps
    • Casio CDP S100
      pro: ukuran paling ramping dikelasnya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *