Pilih mana , YDP143 atau DGX660?

YDP-143 vs DGX-660

Sebenarnya DGX660 dan YDP143 adalah produk dengan segmen kebutuhan yang bisa dibilang berbeda. Namun dikarenakan banyaknya pertanyaan yang muncul mengenai perbedaan keduanya, kami akan mencoba untuk mengulasnya. Secara singkat dapat dijelaskan YDP 143 adalah piano digital murni , sedangkan DGX 660 adalah kombinasi piano digital dan fitur keyboard.


Baik dgx660 ataupun ydp143 mempunyai kesamaan
, keduanya menggunakan 88 key graded hammer standard (GHS) keyboard dimana tutsnya pada sebelah kiri berat dan makin ke kanan makin ringan dengan hammer action seperti halnya pada piano akustik. Menggunakan tone generator Pure CF Sound Engine untuk suara piano dengan efek Damper resonance, max 192 polyphony.

YDP-143 memiliki keunggulan pada cabinet yang full lengkap dengan sliding cover pada key,  lengkap dengan kursi sedangkan dgx660 cabinetnya hanya berupa kaki sederhana saja, tanpa kursi. Dan dari sisi playbility khusus piano, YDP-143 sudah dilengkapi dengan 3 pedal terintegrasi dengan cabinet (sostenuto, soft, sustain half pedal support), sementara DGX-660 hanya dilengkapi 1 sustain pedal (on-off) teripsah. (seri dgx dengan 3 pedal tidak dipasarkan di indonesia).

DGX-660 memiliki keunggulan pada berlimpahnya fitur fitur keyboard, seperti ratusan voices, style/rhythm dimana pada YDP-143 hanya terdapat 10 voices dan tidak ada style/rhythm), DGX660 juga terdapat fitur usb flashdisk port untuk load midi song/style. Selain itu pada DGX-660 juga sudah tersedia mic input lengkap dengan pengaturan noise gate , efex reverb dan compressor untuk vocal. Dengan banyaknya fitur fitur pada DGX-660, pada DGX-660 dilengkapi juga dengan layar LCD monochrome untuk memfasilitasi pengaturan fitur fitur tersebut

 

 YDP-143DGX660
CabinetFull dengan lid penutup keyHanya kaki saja
KursiTermasukTidak Termasuk
Pedal3 pedal menyatu dengan cabinet (sostenuto, soft, sustain)1 pedal terpisah (sustain)
Voice10 voices554 voices
Style/RhythmTidak Tersedia205 style
USB Flashdisk (load song/style)Tidak tersediaTersedia
Layar LCDTidak TersediaMonochrome 320x240 dots

 

Kesimpulan
Jika anda adalah pianist, atau hanya fokus untuk bermain piano tanpa memerlukan fitur fitur keyboard (ratusan voice instrument musik lain/rhythm), maka YDP-143 adalah pilihan yang tepat karena cabinetnya lebih baik dan sudah dilengkapi dengan penutup keyboard sehingga tutsnya lebih terlindung dari debu jika sedang tidak digunakan, selain itu fasilitas 3 pedal dengan half damper support nya, menjadikannya YDP-143 dapat mengakomodir penuh terhadap kebutuhan permainan piano pada lagu lagu yang memerlukan soft pedal dan sostenuto pedal.

Namun jika anda adalah pemain piano ataupun pemain keyboard yang juga menyukai memainkan voice instrument instrument musik lain, atau bermain dengan rhythm atau bermain sambil bernyanyi, dan tidak mempermasalahkan cabinetnya yang lebih sederhana, maka DGX-660 adalah pilihan yg tepat, karena pada dgx660 sudah dilengkapi dengan ratusan voice/styles, lengkap dengan mic input. dengan catatan bahwa piano hanya dilengkapi dengan 1 pedal sustain saja, jika anda menggunakannya untuk lagu lagu yang memerlukan soft pedal atau sostenuto,  maka harus membeli optional 3 pedal terpisahnya dari luar, karena tidak dipasarkan di indonesia ( optional pedal type: LP7A ), yang mungkin bisa anda beli melalui ebay atau situs marketplace international lainnya.

Beli DGX-660 Beli YDP-143

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *